Minggu, 27 Maret 2011

Belajar Nyobain Vyatta part I


Belajar Nyobain Vyatta part I

Bingung juga mau belajar membangun sebuah gateway yang handal tapi tentu dengan cost yang murah. eeh setelah googling akhirnya nemu, lamayan banyak juga yang mengulas tentang vyatta, selain softwarenya gratis katanya sih cukup handal menangani kebutuhan jaringan yang komplek’s.

Banyak juga yang menyebutkan vyatta ini mirip dengan cisco / juniper, cuman bedanya vyatta gratis..hehe. Vyatta dapat di unduh versi isonya di sini : vyatta. Setelah selesai download dan tentu di burning ke cd, langsung saja bisa dicoba, booting ke live cd vyattanya, atau di install di vmware juga bisa. Kebutuhan hardware vyatta tidak harus menggunakan spesifikasi yang canggih, dengan cpu seadanya pun bisa koq, asal ada niat, tapi ya jangan yg jadul2 amat, minimal ya sekelas pentium 4 dengan ram 512, HDDny 20GB an, selebihnya sangat direkomendasikan…hehe.

Setelah booting ke live cd vyatta, login dengan user vyatta, password vyatta. setelah itu ada dua pilihan, mau di install di HDD ato hanya iseng2 doang tanpa instalasi, jika mau instalasi ikuti langkah berikut :
  1. vyatta@vyatta:~$ install-system
  2. setelah itu ikuti petunjuk yang ada, tinggal yes, enter, yes, enter aja.
  3. setelah selesai proses instalasi reboot mesinnya, trus keluarin live cd vyatta nya tadi
  4. login lagi pake user vyatta dan password yang anda isikan saat instalasi
Sampai proses ini kita sudah punya sebuah sistem yang siap dipakai, konfigurasi selanjutnya akan di posting segera, maklum kita-kita juga masih dalam taraf belajar,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar